Jadikan Busana Muslim sebagai Keebutuhan

Perkembangan busana muslim setiap tahun pesat meningkat, tren mode setiap tahun berbeda sesuai dengan kebutuhan dan jenis tren yang dikeluarkan para desainer serta promosi-promosi penjual. Dengan banyaknya tren busana muslim, banyak pula model pakaian yang dipakai para muslim dan muslimah di Indonesia. Namun konsep utama dalam busana muslim itu sendiri mulai tergeserkan, konsep utamanya ialah untuk menutup aurat, tapi tak jarang pemakai hanya mementingkan tren sesuai perkemabangan jaman.

Sebagai muslim dan muslimah muda penerus agama, tentu mengetahui bahwa menutup aurat adalah suatu kewajiban, tapi bagaimana jika kewajiban tersebut ditambah dengan kebutuhan. kebutuhan merupakan sesuatu yang harus dikerjakan apapun situasi dan kondisinya. disamping menurut agama wajib, secara pribadi juga memang butuh akan hal tersebut.
Ada beberapa faktor yang bisa membuat muslim dan muslimah merasa butuh pada busana muslim, diantaranya:

1. kebiasaan sehari-hari mengenakan hijab
saat memakai pakaian yang sesuai syariat menjadi kebiasaan maka ketika memakai diluar dari itu akan merasa ada sesuatu yang kurang. adapun ketika lingkungan sekitar seperti lingkungan keluarga, teman dan sekolah ikut mendukung, proses pembiasaan itu menjadi mudah dan cepat. Tentu ada pro dan kontra, ada yang mengatakan perbaiki hati dulu baru penampilan, namun saat kita menunggu untuk hati itu menjadi baik maka kapan berpenampilan baik itu dilakukan. alangkah baiknya beriringan bersama dengan berpenampilan baik sesuai syariat, hati pun ikut diperbaiki sejalan dengan hal tersebut.

2. berdasar pengalaman pribadi dan orang lain
Belajar dari muslim dan muslimah yang sudah berhijrah, setiap hijrah dari sesuatu yang kurang baik menjadi baik pasti ada kisah dibaliknya. seperti menjemput hidayah melalui perantara orang lain, ambil pelajaran dari setiap kisah-kisah luar biasanya, berkumpul bersama dan berdiskusi tentang agama atau perbuatan ´┐Ż perbuatan baik lainnya. Bisa pula kita mengambil pelajaran dari pengalaman pribadi misalnya kita pernah merasa kurang aman memakai pakaian diluar busana muslim , entah itu digoda oleh selain mukhrim atau tindakan lainnya yang kurang mengenakan.


Seyogyanya berbusana muslim harus berasal dari keinginan hati dan kesadaran diri, dengan terus berusaha memperbaiki diri dan terus belajar menjadi lebih baik lagi, berbekal tekad yang kuat segala sesuatu pasti menjadi mungkin dan pasti selalu ada jalannya. Intinya mengenakan busana muslim bukan hanya kewajiban tapi jadikan hal itu kebutuhan mendasar dalam kehidupan sehari-hari, biasakan pilih pakaian yang sesuai syariat dan tidak melanggar aturan agama atau norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Setiap perbuatan kita akan dimintai pertanggung jawabannya, pastikan kita bisa menjawabnya dengan proses-proses perbaikan diri setiap harinya.

Tren boleh diikuti namun dengan batasan tertentu, pintar memilih dan memilah mana yang akan membawa kemaslahatan dan mana yang hanya membawa kemadharatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*